Home » , » Penyebab Penyakit Asam Urat (Uric Acid)

Penyebab Penyakit Asam Urat (Uric Acid)

     Asam urat adalah suatu penyakit yang terjadi pada bagian persendian terutama sendi jari kaki, jari tangan, tumit, dengkul, siku, dan pergelangan tangan. Nyeri atau rasa sakit pada bagian persendian yang diakibatkan asam urat sangat hebat dan membuat bagian yang diserang tampak bengkak dan meradang. Namun kita juga dapat menyimpulkan bahwa semua rasa nyeri di persendian adalah penyakit asam urat.

penyakit asam urat
Add caption

Penyebab Dari Asam Urat (Uric Acid)

Penyakit asam urat adalah penyakit yang sebabkan oleh konsumsi zat purin secara berlebihan. Purin diolah tubuh menjadi asam urat, dalam tubuh semua orang pasti terdapat zat purin dengan kata lain setiap orang pasti memiliki asam urat, namun ada yang normal dan ada juga yang tinggi. Tetapi jika kadar asam urat dalam tubuh kita tinggi, akibatnya ginjal tidak akan mampu mengeluarkan zat tersebut, sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian. Akibatnya sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang.


Gejala Dari Asam Urat (Uric Acid)

Timbulnya rasa sakit/ nyeri pada bagian persendian, atau terasa ngilu, bahkan tampak bengkak dan meradang (berwarna kemerahan). Biasanya rasa nyeri tersebut akan timbul dalam dua waktu yaitu malam hari dan pagi hari, saat anda bangun tidur. Rasa nyeri tersebut terjadi secara berulang-ulang dan menyerang bagian-bagian tubuh seperti, sendi jari kaki, jari tangan, tumit, dengkul, siku dan pergelangan tangan.

Cara Mencegah dan Mengobati Asam Urat (Uric Acid)

  • Perbanyak Mengonsumsi Air Putih
  • Perbanyak Konsumsi Vitamin C
  • Kurangi Makanan Yang Tinggi Zat Purin contoh :jeroan, seafood, ekstrak daging (abon, dendeng), makanan yang sudah dikalengkan dsb
  • Perbanyak Makanan yang Bersifat Basacontoh :mengkonsumsi makanan yang bersifat basa (buah-buahan, sayuran segar, serta biji-bijian  rendah lemak) dapat menetralkan asam tubuh (darah dan urin), dan hal tersebut akan membantu mempermudah ginjal dalam mengeluarkan asam urat.

Demikianlah penjelasan kami tentang asam urat (Uric Acid) 
semoga bermanfaat