Home » » Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi

Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi



Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi   Sebelum kita membahas bagaimana cara menghilangkan plak pada gigi ada baiknya kita mengetahui penyebab dari munculnya plak pada gigi,penyebab dari plak yang muncul pada gigi disebabkan oleh sisa makanan yang tertinggal pada gigi,hal Ini tidak saja membentuk plak (karang gigi) akan tetapi juga bisa mengakibatkan gigi berlubang hal ini bisa menyebabkan sakit gigi.
         
      Setelah mengetahui penyebab dari munculnya karang gigi hingga menjadi plak mengapa kita harus menghilangkanya,Karena hal ini bisa menyebabkan efek samping terhadap kesehatan kita.


Beberapa Akibat yang ditimbulkan sehingga kita perlu menghilangkan plak pada gigi adalah :

  • Menyebabkan Bau mulut.
  • Gigi terlihat berwarna kuning.
  • Menjadikan Gigi berlubang dan membusuk.
  • Kalkulus yaitu mengerasnya karang gigi sehingga sulit dibersihkan dengan sikat gigi biasa.
  • Gingivitis yaitu peradangan pada gusi jika ini dibiarkan maka akan                                              menyebabkan Periodontitis.
  • Periodontitis yaitu  infeksi pada gusi dan bisa menyebabkan kerusakan tulang gigi di area          rahang.Periodontitis mengakibatkan terjadinya pengeroposan antara gigi dan gusi. jika tidak      diobati    maka gigi perlahan-lahan akan terlepas dari gusi.(sumber alodokter)
Berikut Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi Secara Aman :
  1. Menyikat gigi. Cara terbaik untuk menghilangkan plak adalah dengan gosok gigi minimal dua kali sehari yaitu pagi dan malam hari dan lakukanlah dengan menyikat gigi secara benar.
  2. Kumur mulut dengan mouth rinse atau obat kumur
  3. Gunakan Siwak dan lakukanlah dengan benar dan gunakan secara teratur 5x sehari
  4. Gunakan pasta gigi yang mengandung flouride 
  5. Flossing yaitu dengan menggunakan benang gigi setidaknya sekali sehari (sebelum tidur malam) untuk menghilangkan bakteri dan sisa makanan.
  6. Metode Scale Cara ini hanya bisa dilakukan oleh petugas medis.Metode Scale untuk membersihkan karang pada gigi. Metode ini dianggap efektif karena bisa menjangkau semua bagian gigi dan gusi hingga akar gigi.
Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi secara Alami :
  1. Baking soda atau soda kue(sodium bicarbonate)                                                                 Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi menggunakan baking soda adalah : Ambil Baking soda secukupnya kemudian larutkan dengan air hangat setelah itu gunakan untuk gosok gigi menggunakan sikat gigi,usahakan jangan sampai tertelan setelah selesai kumurlah dengan air hangat
  2. Air Garam,                                                                                                                              Cara Menghilangkan Plak Pada Gigigunakan air garam dalam kondisi hangat kemudian gunakan untuk gosok gigi menggunakan sikat gigi sebagai pengganti pasta gigi setelah selesai kumurlah dengan air hangat.

Demikianlah Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi semoga bermanfaat.